Hargailah Apa Yang Anda Miliki!

Saya ingin bertanya pada Anda, berapa gaji atau penghasilan Anda sekarang? 1 Juta, 5 juta, 10 juta atau lebih?

Selamat! Berapapun itu, Anda beruntung telah memiliki penghasilan meskipun di mata Anda kelihatan kecil. Hargai dan syukurilah! Karena bisa jadi apa yang kita anggap kecil tersebut merupakan kemewahan bagi orang lain. Ya, kemewahan bagi orang lain. Coba kita lihat nasib orang-orang susah yang tidak punya penghasilan sama sekali, jumlah mereka cukup banyak di sekitar kita. Bukankah kita masih lebih baik?

Jangan terlalu mengangankan uang yang belum Anda miliki tapi optimalkanlah uang yang telah Anda miliki untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi. Alih-alih mengeluh gaji Anda kecil, lebih baik Anda optimalkan uang tersebut untuk mendapatkan uang lebih banyak lagi. Bagaimana caranya? Sabar..! di bahasan selanjutnya saya akan menjelaskannya lebih detail.

Mengapa gaji Anda yang kecil kelihatan kecil? karena Anda hanya melihat dari satu sudut pandang. Ya, karena Anda menganggap rezeki dari Tuhan hanya dinilai dari berapa besar gaji Anda. Bila gaji Anda kecil, maka rejeki Anda sedikit, bila gaji Anda besar berarti rezeki Anda banyak. Padahal, kesempurnaan fisik dan panca indra adalah rezeki yang tidak ternilai harganya. Maukah Anda bila kedua mata Anda saya beli dengan harga 100 juta?

Saya ingin mengajak Anda melihat dengan sudut pandang yang lain. Begini, Apakah Anda mau memilki gaji 50 juta rupiah perbulan, tapi kemudian Tuhan memberi Anda penyakit yang biaya pengobatannya membutuhkan 60 juta rupiah? Banyak orang yang berpenghasilan besar, tapi pengeluarannya lebih besar lagi bahkan utangnya juga sangat besar, akhirnya orang tersebut tidak bisa menikmati gajinya yang besar malah hidupnya menjadi susah. Apa yang salah?.

Apakah orang yang bergaji besar selalu lebih baik dan lebih enak hidupnya daripada orang yang bergaji kecil? Belum tentu! “Tapi kalo gaji saya besar, ngatur uangnya pasti lebih gampang dibanding ketika gaji saya kecil.” kilah Anda.

Saya juga sering mendengar pekataan orang, “kalau gaji saya sekian… pasti saya bisa menabung sekian, karena gaji saya segini…boro-boro buat nabung, buat makan aja kurang.” Benarkah demikian?Benarkah bila gaji kecil tidak menabung? Kabar baiknya, Anda tetap bisa menabung berapapun gaji Anda. Asal Anda punya kemauan kuat dan tahu caranya.

Pertanyaan berikutnya, Benarkah bila gaji Anda lebih besar dari sekarang, Anda pasti bisa menabung? Kabar buruknya, ternyata banyak orang yang berpenghasilan besar tapi tidak bisa menabung sama sekali, yang lebih parah lagi pengeluaran konsumtif mereka ternyata sangat besar dan tidak terkendali. Setiap bertambah penghasilannya maka semakin bertambah pula pengeluaran hidupnya dan makin bertambah lagi hutangnya. Hal itu disebabkan karena gaya hidup yang salah.

Jadi, intinya bukan seberapa besar penghasilan Anda, tapi seberapa kuat keinginan Anda untuk mengelola keuangan dengan serius. Hargailah berapapun penghasilan Anda saat ini dengan cara mengelola nya dengan baik dan benar. Saya berani jamin, jika Anda mampu mengelola keuangan Anda dengan sunguh-sunguh, Anda bisa mencapai kebebasan finansial. .Dikemudian hari, Anda tidak perlu lagi bersusah payah mencari uang karena uang datang menghampiri Anda. Sekali lagi, itu semua dapat Anda peroleh jika Anda menghargai apa yang Anda milki saat ini. (FH)

Comments

  1. silakan kunjungi juga http://jalansedekah.blogspot.com

    BalasHapus